Pages

Monday 7 May 2012

Materi Ajar

Materi Ajar TIK Perguruan Buddhis Bodhicitta.

Untuk materi ajar Laboratorium Komputer kita menyesuaikan sesuai kebutuhan yang akan digunakan dalam bermasyarakat. Di dalam dunia pendidikan khususnya bidang IT/ Teknologi ini sangat menjadi pilihan utama dikarenakan Era Teknologi Nano, dan juga kehidupan kita sangat dipengaruhi, mulai dari kehidupan sehari-hari kita, misalkan Handphone, Blackberry, Komputer, Televisi, dan lain sebagainya. Surat-menyurat untuk jarak jauh (E-mail), mengirim file dari negara ke negara yang lain hanya dengan waktu yang singkat, Telp/ video panggilan dengan menggunakan teknologi akan sangat cepat. Di bidang office, untuk pembuatan artikel, penulisan ilmiah, surat-menyurat, Excel untuk perhitungan angka, keuangan, administrasi, dll. Serta perkembangan di dunia Grafis (gambar) kita bisa memanipulasi gambar secara cepat tanpa harus melakukan foto ulang atau menghabiskan biaya, desain brosur, desain spanduk, dan desain kreatif. 

Adapun Materi Ajar di Lab. Komputer :
-SD
Kelas 2 : Software Microsoft Paint
Di kelas ini kita mengajarkan teknik penggambaran melalui komputer yang sebelumnya hanya bisa di lukis/gambarkan di kertas, dan kita merangsang pola pikir anak lebih berkembang dalam mengenal komputer.

Kelas 3 : Software Microsoft Paint
Di kelas ini kita mengajarkan teknik penggambaran melalui komputer yaitu kita lebih fokus pada desain gambar yang lebih kreatif, dan penggambaran untuk mendesain gambar sesuai dengan kebutuhan yang kita tentukan.

Kelas 4,5, dan 6 : Software Microsoft Word
Dalam tingkatan ini kita mengajarkan pembuatan artikel, pada kelas 4 Sd kita mengajarkan teknik pengenalan microsoft word, teknik pengetikan 10 jari, pada kelas 5 SD kita mengajarkan pengenalan dan trampil dalam menggunakan Microsoft Word, sedangkan pada kelas 6 SD kita lebih mengarahkan anak didik dalam pembuatan artikel, surat-menyurat, pembuatan table, diagram, atau implementasi dalam pelajaran yang kita tujukan untuk memenuhi syarat kelulusan.

-SMP
Kelas 7 SMP : Microsoft Word 2007 & Management Komputer
Semester 1 : Kita mengulang dan mengarahkan peserta didik dalam mengetik 10 jari untuk mengikuti perlombaan ketik cepat dan tepat
Semester 2 : Kita mengajarkan pengaturan perangkat komputer (hardware, software, dan brainware), dan memberikan informasi teknologi, serta dampak dari pengaruh teknologi itu terhadap kehidupan pada jaman sekarang dan yang akan datang.

Kelas 8 SMP : Microsoft Excel
Semester 1 & 2 : mengajarkan teknik pengolahan angka mulai dari dasar hingga ke tahap penyempurnaan. Mulai dari perancangan data administrasi sampai pembuatan laporan keuangan.

Kelas 9 SMP : Notepad, HTML,  Frontpage, Mozilla, & Internet , E-Commerce
Semester 1 : Kita mengajarkan pengenalan internet mulai dari cara pemasangan internet sampai ketahap penggunaan internet, yang terdiri dari : chatting, E-mail. mailling list, E-banking, Video Call, Blogger, E-Commerce dan lain sebagainya.
Semester 2 : Kita mengajarkan tahap perancangan Web, mulai dari dasar Html , melalui notepad, dan ke tahap pembuatan website sederhana.


-SMA 
Kelas 10 SMA : Dasar Komputer & Microsoft Word 2007
Semester 1 & 2 : pada tingkatan ini kita mengajarkan pelajaran dasar komputer untuk memahami cara menganalisis sistem dasar komputer, tata cara pembuatan artikel, dan penulisan ilmiah.

Kelas 11 SMA : Instalasi Komputer & Powerpoint 2007 dan Teknik dalam presentasi
Semester 1 & 2  : pada tingkatan ini kita mengajarkan tata cara pemasangan sistem operasi dan fungsinya, serta dalam merancang dan pembuatan dokumen presentasi, dan setelah pembuatan dokumen presentasi kita menyertakan teknik presentasi.

Kelas 12 SMA : Desain Grafis dan Pengolahan Grafis.
Semester 1 & 2 : Pada tingkatan ini khususnya kelas tamatan kita merancang teknik grafis untuk menyiapkan peserta didik untuk turun ke masyarakat, sehingga mereka dapat langsung bekerja, dan kita juga mengajarkan kelas tamatan dalam waktu ekstra dalam mengulang pelajaran yang mereka butuhkan di masyarakat seperti office (excel, Powerpoint, Word)

Regard,


Rudi Erwin, S. Kom.



Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment